Jumat, 15 September 2017

MAKALAH PERANG MELAWAN KESERAKAHAN KONGSI DAGANG



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Sultan Agung adalah raja yang paling terkenal dari Kerajaan Mataram. Pada masa pemerintahan beliau, Mataram mencapai masa keemasannya. Cita-cita Sultan Agung antara lain: mempersatukan Seluruh tanah Jawa, dan mengusir kekuasaan asing dari bumi Nusantara. Terkait dengan cita-citanya ini maka Sultan Agung sangat menentang keberadaan VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) di Jawa. Apalagi tindakan VOC yang melakukan monopoli dagang membuat para pedagang ribumi mengalami kemunduran dan menyebabkan penderitaan rakyat. Oleh karena itu, Sultan Agung merencanakan serangan ke Batavia.

B.     Rumusan Masalah
1.      Kejadian apa saya yang terjadi pada saat Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang(abad ke-16 sampai abad ke-18) ?

C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui kejadian apa saya yang terjadi pada saat Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang(abad ke-16 sampai abad ke-18) ?



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang(abad ke-16 sampai abad ke-18)
1.      Aceh Versus Portugis dan VOC
Perlawanan pertama untuk melawan keserakahan kongsi dagang(abad ke-16 samapi abad ke-18)  terjadi di daerah aceh dengan nama perlawanan Aceh Versus Portugis dan VOC yang terjadi pada tahun 1511-1641.Tokoh yang terkenal dalam pemberontakan ini adalah Sultan Iskandar Muda yang merupakan pemimpin Aceh,sedangkan dari pihak portugis dipimpin oleh Henrigues (1523) dan Sauza (1524) namun dibawah kepemimpinan mereka berdua potrugis dalam meluncurkan serang mengalami kegagalan.permususahan antara Portugis dengan Aceh  disebabkan oleh ketidak sukaan atau rasa iri terhadap Aceh yang berkembang pesat menjadi pusat perdagangan sehingga portugis ingin menghancurkan Aceh.dalam penghadapi serangan portugis rakyat aceh melakukan beberapa upaya perlawanan terhadap potugis ,antara lain:
1)      melengkapi kapal kapal dagang aceh dengan persenjataan ,meriam dan prajurit.
2)      mendatangkan bantuan persenjataan ,sejumlah tentara dan beberapa ahli dari turki pada tahun 1567.
3)      mendatangkan bantuan persenjataan dari kalikut jepara.
Portugis dan aceh saling melancarkan serang ,dampak yang harus diterima dari serang tersebut antara lain hubungan Aceh dan portugis semakin memburuk.portugis tetap tidak bisa menguasai aceh dan begitu juga aceh tidak dapat mengusir portugis dari malaka.potrugis dapat pergi dari dari malak karena Voc berhasil mengusirnya dari malaka.
2.      Perlawanan Banten
Perlawana terhadap keserakahan kongsi dagang(abad ke-16 samapi abad ke-18) juga  terjadi di daerah Banten pada tahun (1619-1750) dengan nama pemberontakan perlawanan banten. Tokoh yang terkenal dalam perlawanan banten adalah pangen suryayang bergelar Sultan abu al-fath abulfatah atau lebir sering dikenal dengan nama sultan ageng tritayasa.
Pemberontakan banten terhadap kongsi dagang disebabkan oleh persaingn antara banten dengan Batavia memperebutkan posisi sebagai Bandar perdagangan internasional.upaya dalam perlawanan antara lain yang dilakukan oleh sultan ageng  dlam memulihkan posisi banten adalah melakukan kerja sma dengan Negara Negara asia.sedangkan dari.sedangkan Voc melakukan blockade terhadap kapal kapal untuk tidak meneruskan eralan ke banten.rakyat banten melakukan perusakan terhadap kebun milik voc.untuk menghadapi serangan dari pasukan banten Voc membangun banteng Noordwijk sebagaibenteng pertahanan.dampak dari perlawan perlawan tersebut adalah ditangkapnya sultan ageng pada tahun 1683 dan meninggal pada tahun 1692.
3.      Perlawanan GOA
Tokoh-tokohnya adalah :Sultan Hassanudin,Aru palaka.
Perlawana goa bertepatan di Makasar pada tahun 1616 yang dipimpin oleh Sultan Hassanudin.Terjadinya perlawanan goa adalah  karena dengan melihat peran dan posisinya yang strategis VOC berusaha keras untuk dapat mengendalikan goa dan menguasai pelabuhan sombu opu serta menerapkan monopoli perdagangan. Kapten kapal VOC Enkhyuzen menculik beberapa bangsawan goa,dalam peristiwa itu jatuh beberapa korban,ini menambah kemarahan orang makasar terhadap VOC
Upaya perlawanan perlawanan goa adalah voc melakukan blokade terhadap pelabuhan somnu opu,tetapi gagal karena perahu-perahu makasar yang berukuran kecil lebih lincah dan mudah bergerak diantar pulau-pulau yang ada.
Dampak perlawana perlawanan goa adalah goa harus menguasai hak monopoli VOC,semua orang barat kecuali belanda harrus meningalkan wilayah goa,goa harus membayar beaya perang . Sisa peninggalanya adalaah benteng rotherdam,
4.      Rakyat Riau Angkat Senjata 
Tokoh tokohnya adalah: raja siak,Sultan abdul jalil rahmat syah Penyebab terjadinya perlawanan itu adalah pemaksaan monopoli dan tindakan sewenang wenang dari voc
Upaya perlawan :
·         Sultan siak bersama penglima dan penasihat mengatur siasat baru.Voc harus dilawan dengan tipu daya
·         Siak menggunakan siasat “hadiah sultan”
·         Sultan siak kembali ke siak dengan membawa kewenangan meskipun belum berhasil mengusir VOC dari malaka.
·         Sisa/peninggalan:istana siak
Perang diponegoro berada di tahun1825
Tokohnya adalah:pangeran diponegoro,snissaert,patih danurejo,
Penyebab terjadinya perang diponegoro:
·         Rakyat dibelit berbagai bentuk pajak dan pungutan
·         Pihak keraton yogyakarta tidak berdaya menghadapi campur tangan politik pemerintah kolonial
·         Pihak keraton hidup mewah dan tidak memedulikan penderitaan rakyat
Dampak:
1.      Kekuasaan wilayah yogyakarta dan surakarta berkurang
2.      Belanda mendapatkan beberapa wilayah yogyakarta dan surakarta
3.      Banyak menguras kas belanda
Dampak perlawanan:
Merencanakan seserangan ke keraton yoogyakarta dengan mengsosialisasi pasukan belanda dan mencegah masuknya bantuan dari luar. Membuat narasi tentang melawan penjajahan VOC
5.      Sultan Agung Vs J.P Coen
Perang ini tejadi pada tahun 1628 – 1629 di Batavia.Perang ini melibatkan banyak tokoh diantaranya adalah :
1)      Sultan Agung
2)      T.Baureksa
3)      Kiai Dipati Mandurarejo
4)      Dipati Ukur
5)      T.Siranganu
6)      Kiai Dipati juminah
Perang ini disebabkan Sikap Sultan agung yang sangat menentang keberadaan VOC di Jawa,serta tindakan VOC yang terus memaksakan kehendak untuk memonopoli perdagangan membuat para pedagang pribumi mengalami kemunduran.
Upaya yang dilakukan dalam pertempuran ini adalah :   
·         Pasukkan Mataram berusaha membangun pos pos pertahanan,Sultan Agung  meningkatkan jumlah kapal dan senjata.
·         Perang ini memiliki dampak tersendiri diantaranya  
·         Tumenggung Baureksa gugur,Pasukkan Mataram semakin lemah dan di tarik kembali ke Mataram,VOC semakin berambisi untuk terus memaksakan monopoli dan memperluas pengaruhnya disetiap daerah jajahannya.
·         Perang ini tidak meniggal kan bukti penuggalan apapun.
6.      Orang orang Cina Berontak
Perang ini tejadi pada tahun 1740 - 1741 di sepanjang pesisir pulau Jawa.Dalam Perang ini taokoh yang paling menonjol adalah Oey Panko.
Perang ini terjadi karena VOC membatasi kedatangan orang orang Cina ke Jawa dengan syarat setiap orang Cina yang datang ke Jawa harus memiliki surat izin (Surat Pass)
Upaya yang dilakukan oarng Cina adalah : orang Cina membakar bangunan di Batavia  dan melakukan kekacauan di  pesisir Jawa.
Perang ini memiliki dampak tersendiri yakni :
Voc melakukan Sweeping di rumah rumah orang cina dan melakukan pembunuhan tehadap orang cina.Pada tahun 1741 benteng VOC di kartasura di serang dan memakan banyak korban.
7.      Maluku Angkat Senjata
Perlawanan ini terjadi Maluku pada tahun 1529 , yang dikenal dengan tokoh tokohnya
a.                Sultan khaerun
b.               Sultan baabullah
c.                Pangeran nuku
Perang ini terjadi karena kapal kapal portugs menembaki jung jung dari banda yang akan membeli cengkih ke tidore . upaya yang dilakukan dalam perlawanan ini adalah Dibentuknya perjanjian damai yakni perjanjian saragosa pada tahun 1534 , Mempersatukan rakyat maluku ermasuk ternate dan tidore untuk melancarkan perlawanan besar besaran terhadap portugis . dampak yang di sebabkan dalam perlawanan ini adalah Terbunuhnya sultan khaerun saat pelaksanaan perundingan dengan portugis di benteng sao paolo dan Di bentuknya kebijakan monopoli rempah rempah yang di sertai dengan pelayaran hongi .
8.      perlawanan Pangeran Mangkubuwana dan Mas Said
Perlawanan ini terjadi di Jawa yang berlangsung selama 20 tahun dengan tokoh tokohnya yaitu Raden mas said , Pangeran mangkubumi , Pakubuwana II . perang ini terjadi akibat Mas Said merasa sakit hati dengan sikap keluarga kepatihan atas hinaan dan ceraan yang dilakukan terhadapnya . upaya Mas Said dalam perlawanan ini adalah Mas Said yang di ikuti oleh R. Sutawijaya Dan Suradiwangsa pergi keluar kota untuk menyusun kekuatan , kemudian mas said pergi menuju nglaroh untuk memulai perlawanan . dampak perlawanan yang di timbulkan adalah Di adakanya sayembara oleh pakbuwana II sebagai raja mataram karena ini merupakan ancaman yang serius baginya.
















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang(abad ke-16 sampai abad ke-18)
1.      Aceh Versus Portugis dan VOC
2.      Perlawanan Banten
3.      Perlawanan GOA
4.      Rakyat Riau Angkat Senjata 
5.      Sultan Agung Vs J.P Coen
6.      Orang orang Cina Berontak
7.      Maluku Angkat Senjata
8.      perlawanan Pangeran Mangkubuwana dan Mas Said



















DAFTAR PUSTAKA

http://naningnine.blogspot.co.id/2016/06/mengevaluasi-perang-melawan-keserakahan.html
http://miftach11.blogspot.co.id/2015/11/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html


KATA PENGANTAR

Sembah sujud penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena anugerah dan rahmat-Nya jualah sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Dalam penyusunan makalah ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin, yang mana telah memakan waktu dan pengorbanan yang tak ternilai dari semua pihak yang memberikan bantuannya, yang secara langsung merupakan suatu dorongan yang positif bagi penulis ketika menghadapi hambatan-hambatan dalam menghimpun bahan materi untuk menyusun makalah ini.
Namun penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, baik dari segi penyajian materinya maupun dari segi bahasanya. Karena itu saran dan kritik yang bersifat konstruktif senantiasa penulis harapkan demi untuk melengkapi dan menyempurnakan makalah ini.




DAFTAR ISI

KATA PENGATAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.    Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Perang Melawan Keserakahan Kongsi Dagang(abad ke-16 sampai abad ke-18)
1.      Aceh Versus Portugis dan VOC
2.      Perlawanan Banten
3.      Perlawanan GOA
4.      Rakyat Riau Angkat Senjata 
5.      Sultan Agung Vs J.P Coen
6.      Orang orang Cina Berontak
7.      Maluku Angkat Senjata
8.      perlawanan Pangeran Mangkubuwana dan Mas Said
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA


MAKALAH
PERANG MELAWAN KESERAKAHAN KONGSI DAGANG (ABAD KE-16 S/D ABAD KE-18)

O

L

E

H


Disusun Oleh
NAMA KELOMPOK

1. BAYU SUANDI
2. BAIQ MELIAN ASRI
3. NURMALA
4. NANA LESTARI
5. NANI SINTIA

SMKN 1 SIKUR
2017

4 komentar:

  1. Hey There. I found you blog using msn. This is a really well
    written article. I will make sure to bookmark itt and come back
    to read more of your useful info. Thanks for the post.
    I'll definitely return.

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum atas ilmunya semoga berkah ...terimakasih

    BalasHapus

MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI PROSES PENGUATAN MENTAL ANTI KORUPSI

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Beberapa negara di Asia memiliki beragam istilah tentang korupsi. Di China, Hong Kong dan T...