BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Teknologi merupakan suatu sarana yang
digunakan intuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Beberapa teknologi dewasa ini
merupakan penerapan teknologi sains dalam kehidupan sehari-hari.
Dari hari ke hari, dari tahun ke tahun,
perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Setiap diri manusia berusaha
ingin mengembangkannya setiap saat guna mendapatkan kepuasan yang diinginkan.
Kepuasan yang bisa membuat mereka merasa nyaman dan bahagia di dunia ini.
Kepuasan yang bisa membuat semua orang merasa lebih sejahtera.
Manusia diberi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa akal
dan ilmu. Karena akal dan ilmu itulah yang membuat kita bisa mencapai taraf
hidup yang lebih baik seperti sekarang. Akal dan ilmu adalah satu kesatuan yang
tidak bisa dipisahkan. Akal dan ilmu yang dimiliki oleh manusia akan terus
berkembang seiring dengan majunya peradaban. Seiring dengan banyaknya manusia
menemukan hal – hal yang baru atau keajaiban – keajaiban baru di dunia. Mereka
akan terus mengembangkan akal dan ilmunya demi menguak segala rahasia atau
keajaiban di dunia ini. Demi mempelajari segala kenikmatan dan anugrah yang
telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.
B. Rumusan Masalah
1. Apa yang
kamu ketahui tentang Mail Merge ?
2. Apa yang
kamu ketahui tentang Track Changes ?
C. Tujuan
1. Mengetahui
tentang Mail Merge
2. Mengetahui
tentang Track Changes
BAB II
PEMBAHASAN
A.
MAIL
MARGE
1. Pengertian
Mail merge membantu kita untuk membuat
sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda
secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya
sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label,
dan amplop.
Untuk membuat mail merge terdiri dari 2 dokumen, yaitu:
·
Dokumen
Master, dokumen
yang isinya sama untuk semua penerima.
·
Data
Source, yaitu
dokumen yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan
alamat penerima. Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada
Outlook dan sebagainya
Ada banyak pengertian tentang mail
merge dari berbagai sumber . Disini saya akan menuliskan pengertian mail merge
yang saya ketahui dari berbagai sumber ( kumpulan ) :
·
Mail
Merge adalah kemampuan
komputer untuk mengirimkan kepada beberapa orang sekaligus dari satu sumber
surat.Secara Teknis, dibutuhkan dua buah file untuk mengolahnya, yang pertama
adalah isi surat sedangkan yang lainnya adalah data kepada surat tersebut di
kirimkan .
·
Mail
Merge adalah Fasilitas
dari writter untuk pembuatan surat secara masal .
·
Mail
Merge adalah Penggabungan
dua dokumen menjadi satu dokumen .
·
Mail
Merge adalah merupakan
salah satu aplikasi dari microsoft word untuk membuat surat dalam jumlah besar
.
·
Di
praktikum 4 Penerapan Komputer di bahas tentang Aplikasi pengolahan kata untuk
Windows, yaitu Microsoft Word. Inti yang dibahas tentang beberapa fungsi yang
ada di Ms. Word :
- Mail Merge
- Page Break
- Table of Content
- Equation Editor
- Autotext table and Thesaurus
Karna komputer di lab komputer sama
di cyber singkkong masih pake Ms. Word 2003 tapi anak-anak udah lumayan banyak
yang pake Ms. Word 2007, jadi di praktikum kemaren terpaksa gw
bikin slide lagi tentang tahap-tahap di Ms. Word 2007. Berikut ini reviewnya :
3. Mail Merge pada Ms Word 2007
Terkadang kita perlu bikin surat untuk beberapa recipient yang
isi dari suratnya sama. Ato pada kasus pembuatan sertifikat, kita cuma butuh
ganti-ganti nama ato statusnya ( Pembicara, MC, Peserta ). Untuk kasus kaya
gitu kita bisa pake salah satu fungsi yang disediain Ms. Word yaitu Mail
Merge.
Untuk Ms. Word 2007, tahapnya adalah sebagai berikut :
a) Buat file-nya ( surat ato sertifikat
). Misal pada surat, yang akan kita buat mail merge-nya adalah Nomor,
Kepada, Alamat ( atau bagian lain yang diperlukan )
b) Pilih Mailings – Start
Mail Merge – Step by Step Mail Merge Wizard
·
Step
1
Saat
muncul jendela Mail Merge di sebelah kanan, default yang terpilihnya adalah Letters.
Klik Next:
Starting document
·
Step
2
Di step 2 ini, default yang muncul adalah Use the
current document ( artinya kita hanya akan mengunakan document yang
kita buka untuk proses Mail Merge)Klik Next: Select recipients
·
Step
3
Asumsikan
kita beum memiliki daftar penerima untuk Mail Merge, maka
ü Pilih Type a new list,
ü Pilih Create
Akan
muncul jendela baru dimana pada kolomnya tertera “Title”, “Last Name”, dll.
Karna bukan itu yang kita butuhkan, maka kita pilih Costumize Columns
ü Hapus “Title”, “First Name”, dan
semua daftar yang ada satu persatu
ü Jika daftar telah kosong, sekarang
kita tambahkan dengan meng-klik tombol Add
ü Ketik Nomor
ü Klik tombol OK
ü Lakukan juga penambahan untuk Kepada dan Alamatsampai
hasilnya kaya gini,
ü Kalau udah, klik tombol OK
ü Pada jendela baru yang muncul (New
Address List), silahkan isi data pada baris pertama
ü Untuk menambahkan data baru, klik
aja tombol New Entry, trus isi lagi deh
ü Kalo dirasa daftar namanya udah
cukup, klik tombolOK
ü Saat tampil jendela Mail Merge
Recipients, pastikan semua nama telah ter-centang (lupa neh bahasa
bakunya
ü Kalo udah yakin semua nama ter-centang, klik
tombolOK
ü Klik Next: Write your
letters
·
Step
4
ü Letakkan cursor di bagian yang akan
kita tempatkanNomor surat
ü Klik menu More Items
ü Pilih Nomor
ü Klik tombol Insert
ü Klik tombol Cancel
ü Ulangi langkah 1 sampai 5 untuk
mengisi Nomor danAlamat
ü Hasilnya nanti kaya gini
ü Klik menu Next: Preview you
letters
·
Step
5
Pada tahap ini kita diperlihatkan hasil dari Mail Merge.
Karna kita telah membuat 2 recipient, maka kita dapat melihatnya dengan
meng-klik tombol panah >> atau <<
·
Step
6
Kita
telah selesai membuat Mail Merge…
Kalau
mau langsung print bisa mengklik menu Print atau jika ingin
meng-edit individual bisa mengklik menu Edit individual letters.
Saat kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil di masing-masing halamannya. selesai proses mail merge.
Saat kita memilih Edit individual letters, maka masing-masing nama akan tampil di masing-masing halamannya. selesai proses mail merge.
B.
TRACK
CHANGES
1. Pengertian
Track Changes adalah salah satu fitur Word yang sangat
berguna bagi penyunting dan korektor. Langkahnya sederhana saja, di Word 2003, klik Tools->
Track Changes. Di Word 2007, klik Review-> Track Changes.
Mohon maaf, screenshot-nya hanya untuk versi
2003. Demikian pula semua langkah yang saya uraikan di sini. Untuk versi 2007
dapat dibaca di web Microsoft.
File yang lengkap dengan koreksian
dan warna berbeda itu disebut tampilan Final Showing Mark Up. Untuk melihat
naskah aslinya, arahkan mouse ke toolbar itu dan klik Original
(lihat gambar).
Karena fitur ini menjadikan berat sewaktu bekerja (loading-nya
relatif lama apabila file-nya panjang), klik tampilan Final seperti
gambar di bawah ini.
Track Changes memudahkan kita melihat siapa mengerjakan yang
mana. Warna koreksian tiap penyunting berbeda
Catatan: bila kita memiliki komputer
lebih dari dua, atau pindah komputer, otomatis warna koreksiannya pun akan
lain. Nama pun bisa berubah, kecuali kedua komputer kita
dinamai sama.
Warna koreksian ini umumnya merah, namun dapat diubah
sendiri. Caranya, arahkan mouse ke menu Show (lihat gambar)
lalu klik Options. Silakan pilih warna sesuai keinginan, lalu klik Ok.
2. Memecah File Ber-Track Changes
Anda yang terbiasa menggunakan fitur track changes sewaktu
menyunting tentu tahu bahwa mengaktifkan ini dapat menjadikan file berat
sekali, termasuk ketika berpindah halaman (scroll up–scroll down).
Oleh sebab itu, ketika menyunting, amat dianjurkan dipecah berdasarkan bab.
Bagaimana kalau file tersebut sudah
terlanjur dikerjakan…katakanlah 20 halaman dari total 150 halaman? Bila dicopas
begitu saja ke dokumen baru, sudah pasti track changes-nya hilang.
Sedangkan jika sisa 130 halaman yang belum dikerjakan di-delete manual,
akan tetap terlihat garis-garis merah (atau warna lain, tergantung setting)
sangat panjang sebagai jejak penghapusan. Ini mengganggu, dan tentu saja file tetap
berat.
Begini cara menyiasatinya.
1. Klik Save As, buat nama file baru,
misalnya “Editan I’.
2. Matikan Track Changes. Pada Word XP,
klik Tools-Track Changes.
3. Baru hapus halaman-halaman yang
tidak ingin disertakan tadi.
4. Save.
Jejak kerja tidak hilang, sisanya terhapus tanpa
coreng-moreng track changes.
3. Menggabungkan Hasil Editan Ber-trackchanges Menjadi
Satu Dokumen
Kadang hasil suntingan diminta disetorkan dalam pecahan bab,
dijadikan satu file, atau keduanya. Sependek pengetahuan saya,
menjadikan satu di akhir pekerjaan mempermudah proses pengecekan ulang. Tapi
jika dilakukan manual dengan copy paste bab demi bab, rasanya melelahkan
dan berpotensi terlewat. Lalu saya cari di Google, ternyata ada caranya di sini.
Sama dengan menyalin isi satu bab saja, track changes harus
dimatikan dulu agar hasil editan terbawa dan tetap kelihatan. Hasilnya seperti
di bawah ini:
Bila
track changes tidak dimatikan sebelum klik Insert Object, hasilnya akan tumpang
tindih seperti ini:
4. [Word 2003] Ketika Copas
Teks Original dan Final Tak Berbeda
Belakangan ini, ada satu keruwetan Track Changes yang tak
kunjung dapat saya atasi. Untuk kebutuhan catatan koreksi/masukan penerjemah,
saya harus copas teks sebelum disunting dengan view Original
kemudian teks pascasunting dengan view Final.
Ternyata hasilnya sama saja, yang muncul teks hasil sunting.
Saya coba Final Showing Mark-up dan Original Showing Mark-up, nihil. Cara yang
dipakai terpaksa ribet, copas dari teks asli (yang tidak saya save as [nama
file]_edited) dengan pembanding yang memenuhi layar seperti ini.
Rupanya ada jalan keluar, yang disarankan Kang Muhammad
Imansyah. Langkahnya sbb:
View Original, soroti teks, Ctrl + C seperti biasa.
Buka file baru, klik Toolbar Edit->Paste Special
Muncul opsi seperti ini, pilih Unformatted Text-> Ok
Berhasil.
Ternyata masih banyak yang tidak saya ketahui tentang
Word. Danke, Kang Iman:)
Ada lagi trik supaya file Track Changes tidak terlalu berat
dan tampilannya lebih rapi, yaitu menggunakan fitur inline dan bukan Balloon.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Mail merge membantu kita untuk membuat
sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang berbeda
secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya
sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label,
dan amplop.
Track Changes adalah salah satu fitur Word yang sangat
berguna bagi penyunting dan korektor. Langkahnya sederhana saja, di Word 2003, klik Tools->
Track Changes. Di Word 2007, klik Review-> Track Changes
DAFTAR
PUSTAKA
http://alfitriandi.blogspot.com/2012/03/makalah-tentang-it.html
http://rinurbad.com/track-changes/
MAKALAH TIK
“MAIL MERGE & TRACK CHANGES”
Oleh:
NAMA KELOMPOK
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
KELAS : X IPS 1
SMA NEGERI 1 MASBAGIK
2019
KATA PENGANTAR
Sembah sujud penulis
panjatkan ke hadirat Allah SWT karena anugerah dan rahmat-Nya jualah sehingga
makalah ini dapat terselesaikan. Dalam penyusunan makalah ini, penulis telah
berusaha semaksimal mungkin, yang mana telah memakan waktu dan pengorbanan yang
tak ternilai dari semua pihak yang memberikan bantuannya, yang secara langsung
merupakan suatu dorongan yang positif bagi penulis ketika menghadapi
hambatan-hambatan dalam menghimpun bahan materi untuk menyusun makalah ini.
Namun penulis menyadari
bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, baik dari segi penyajian
materinya maupun dari segi bahasanya. Karena itu saran dan kritik yang bersifat
konstruktif senantiasa penulis harapkan demi untuk melengkapi dan
menyempurnakan makalah ini.
KATA
PENGANTAR .........................................................................................
DAFTAR
ISI .......................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN...................................................................................
A.
Latar Belakang....................................................................................
B.
Rumusan
Masalah...............................................................................
C.
Tujuan..................................................................................................
BAB II
PEMBAHASAN.....................................................................................
A. Mail
Merge..........................................................................................
B. Track
Changes.....................................................................................
BAB III PENUTUP.............................................................................................
A.
Kesimpulan..........................................................................................
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................
nice information min
BalasHapusPompa peniup debu