Rabu, 27 Juli 2016

MAKALAH RAGAM ILMU EKONOMI



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.................................................................................................
DAFTAR ISI................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN............................................................................................
A.    LATAR BELAKANG.....................................................................................
B.     RUMUSAN MASALAH.................................................................................
C.    TUJUAN...........................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................................        
A.    PENGERTIAN ILMU EKONOMI...............................................................
B.     RAGAM ILMU EKONOMI...........................................................................
BAB III PENUTUP.....................................................................................................
A.    KESIMPULAN................................................................................................
B.     SARAN.............................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................................


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga berkat karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang “RAGAM ILMU EKONOMI
Dalam penyusunan makalah ini, kami tidak lupa mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas makalah ini sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan yang lebih luas bagi pembacanya. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini terdapat kelebihan dan kekurangannya sehingga kami mengharap kritik dan saran yang dapat memperbaiki untuk penulisan makalah selanjutnya.
Terima kasih.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Ilmu ekonomi sering dikaitkan dengan uang. Kalau belajar ekonomi harus bisa mengatur dan memiliki uang. Padahal seorang sarjana ekonomi tidak harus kaya dan belum tentu dapat didup hemat.
Uang memang dipelajari dalam ilmu ekonomi. Tetapi bukan satu-satunya studi. Bahkan uang hanya sebagian kecil materi studi ekonomi. Jadi apa yang sebenarnya dipelajari dalam ilmu ekonomi? jawaban atas pertanyaan di atas, dimulai dengan pertanyaan tentang siapakah diri kita? jawaban yang paling sering adalah makhluk yang serba terbatas.
Karna itu manusia harus bisa menentukan pilihan. Keputusan dalam menentukan pilihan bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab harus melalui pertimbangan pertimbangan tertentu. Karnanya manusia harus belajar bagaimana menentukan pilihan. Hal inilah yang dipelajari dalam ilmu ekonomi.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian Ilmu Ekonomi ?
2.      Sebutkan dan jelaskan ragam Ilmu Ekonomi ?

C.    TUJUAN
1.      Menjelaskan pengertian ilmu ekonomi
2.      Menyebutkan dan menjelaskan ilmu-ilmu ekonomi








BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Ilmu Ekonomi
Adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.
B.     Ragam Ilmu Ekonomi
Adanya bermacam-macam bidang yang dipelajari dalam ilmu ekonomi menjadikan ilmu ekonomi terbagi menjadi beberapa cabang. Pembagian ilmu ekonomi dapat dijabarkan sebagai berikut.
1.      Ilmu Ekonomi Teori atau Analisis Ekonomi
Ekonomi teori merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi, yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebaba akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Ekonomi teori merupakan kerangka konsep, yang berangkat dari gejala-gejala konkrit yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat. Gejala-gejala ini kemudian dianalisis dengan menggunakan metode-metode tertentu, sehingga dapat dilacak adanya pola-pola tertentu yang menjembatani peristiwa-peristiwa ekonomi. Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.
a.      Ekonomi Makro
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiycG0ouSpvunyH7QpYgE886AA59Y-bU3crgeGBtidgXjyuR1MRGdtJ5-E-SXspHSgLOQ6dWB0Z11fEbym2uYfRVMBMhB4frykA3cMFVFeynM7RAeYsPPfYFlL_LWN02VZAnImaWQJ9Hg/s1600/aw.jpg
Membahas tentang cara bekerjanya sistem ekonomi sebagai suatu keseluruhan. Analisisnya bersifat global sehingga tidak memerhatikan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh unit-unit kecil dalam perekonomian. Objek material dalam ekonomi makro dimulai dari mempelajari susunan perekonomian dari segala segi. Dalam ekonomi makro apabila kita membicarakan permintaan, maka yang dimaksud adalah permintaan masyarakat secara keseluruhan.
b.      Ekonomi Mikro
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixt1mlGwyx-WkgWi2Sw4v1aA4EL_p4Ksllpid_66HsVedGpCONRJBJAdCermqD3XIQfdESeSLbx6wOciB1HTHvMWG9LSW16Z7Aauz9347yTRyAhdGE0EsxaAV645qIkq5c3uZLBDO4mw/s1600/add.jpg    
Secara khusus membahas tentang cara bekerjanya sistem ekonoi secara partikular. Objek materialnya adalah perorangan atau perusahaan satu per satu, harga untuk satu jenis barang tertentu.
Antara ekonomi makro dan ekonomi mikro mempunyai hubungan yang sangat erat karepa apa yang dibahas pada dasarnya sama. Perbedaannya terletak pada bagaimana membahasnya atau objek formalnya. Materi ekonomi mikro berkenaan denan prinsip-prinsip yang dipakai sebagai dasar pengambilan keputusan sebuah perusahaan, sedangkan ekonomi makro berkenaan dengan kebijakan suatu negara dan masyarakat yang sifatnya menyeluruh serta hubungannya dengan dunia luar.
2.      Ilmu Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif merupakan gambaran keadaan ekonomi dengan mengumpulkan semua kenyataan penting yang berhubungan dengan persoalan ekonomi atau topik tertentu. Gambara nkeadaan ekonomi tersebut biasanya dalam bentuk angka-angka, yaitu dengan mencatat peristiwa-peristiwa ekonomi. Misalnya, tabel perkembangan sektor industri tertentu atau keadaan ekonomi suatu daerah tertentu yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
3.      Ilmu Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan erapan dari teori ekonomi. Artinya, bahwa kerangka-kerangka pengertian dari analisis ekonomi teori digunakan untuk membuat atau merumuskan kebijakan-kebijakan, pedoman-pedoman yang tepat untuk mengatasi masalah ekonomi tertentu.
Kita tahu bahwa banyak masalah-masalah ekonomi yang bermunculan di tengah kehidupan masyarakat. Terhadap masalah tersebut, dicarilah pemecahannya dengan menggunakan teori ekonomi yang sesuai dengan corak masalah yang dihadapi. Dengan demikian, ekonomi terapan lebih bersifat praktis dengan menerapkan pengertian ekonomi pada masalah-masalah tertentu.
Berkenaan dengan spesialisasi dan penerapan pada bidang-bidang khusus menimbulkan cabang-cabang ilmu ekonomi, seperti ekonomi koperasi, ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, ekonomi dan manajemen perusahaan, ekonomi internasional, ekonomi pertanian, dan lain-lain.




















BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Ilmu Ekonomi Adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Inti masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas.
Ragam Ilmu Ekonomi
a.      Ilmu Ekonomi Teori atau Analisis Ekonomi
Ekonomi teori merupakan kumpulan teori-teori di bidang ekonomi, yang berusaha menjelaskan, mencari pengertian, hubungan sebaba akibat, dan cara kerja sistem ekonomi. Ilmu ekonomi teori dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro.
1.      Ekonomi Makro
2.      Ekonomi Mikro
b.      Ilmu Ekonomi Deskriptif
Ekonomi deskriptif merupakan gambaran keadaan ekonomi dengan mengumpulkan semua kenyataan penting yang berhubungan dengan persoalan ekonomi atau topik tertentu.
c.       Ilmu Ekonomi Terapan
Ekonomi terapan merupakan erapan dari teori ekonomi. Artinya, bahwa kerangka-kerangka pengertian dari analisis ekonomi teori digunakan untuk membuat atau merumuskan kebijakan-kebijakan, pedoman-pedoman yang tepat untuk mengatasi masalah ekonomi tertentu.
B.     SARAN






DAFTAR PUSTAKA

http://www.ilmuekonomi.net/2015/12/pengertian-dan-jenis-ilmu-ekonomi-deskriptif-teori-dan-terapan-beserta-contohnya.html
http://zakroz.blogspot.co.id/2011/05/pembagian-ilmu-ekonomi.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_ekonomi


MAKALAH
RAGAM BIDANG ILMU EKONOMI
KELAS : X – IPS 1


 






Oleh
NAMA KELOMPOK
1.SUKMAWATI
2.SASWANDI
3.ROSITA
4.PELITA MAYA SARI
5.MUHAMMAD AL-FARISI
6.MEILDA SANTIKA

SMA 2 MASBAGIK
2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI PROSES PENGUATAN MENTAL ANTI KORUPSI

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Beberapa negara di Asia memiliki beragam istilah tentang korupsi. Di China, Hong Kong dan T...