Sabtu, 13 Februari 2016

MAKALAH LANGKAH MEMBUAT EMAIL




BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Pada awal kehidupan di dunia, komunikasi digunakan untuk mengungkapkan kebutuhan organis. Sinyal-sinyal kimiawi pada organisme awal digunakan untuk reproduksi. Seiring dengan evolusi kehidupan, maka sinyal-sinyal kimiawi primitif yang digunakan dalam berkomunikasi juga ikut berevolusi dan membuka peluang terjadinya perilaku yang lebih rumit seperti tarian kawin pada ikan.
Pada binatang, selain untuk seks, komunikasi juga dilakukan untuk menunjukkan keunggulan, biasanya dengan sikap menyerang. Munurut sejarah evolusi sekitar 250 juta tahun yang lalu munculnya “otak reptil” menjadi penting karena otak memungkinkan reaksi-reaksi fisiologis terhadap kejadian di dunia luar yang kita kenal sebagai emosi. Pada manusia modern, otak reptil ini masih terdapat pada system limbik otak manusia, dan hanya dilapisi oleh otak lain “tingkat tinggi”.
Manusia berkomunikasi untuk membagi pengetahuan dan pengalaman. Bentuk umum komunikasi manusia termasuk bahasa sinyal, bicara, lisan, “gesture” dan ”broadcasting”.

B.  Rumusan masalah
1.    Apa itu e-mail ?
2.    Bagaiman sejarah e-mail?
3.    Apa saja kekurangan dan kelebihan?
4.    Berikan contoh cara membuat email !

C.  Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui pengertian dari e-mail
2.      Untuk mempelajari sejarah e-mail
3.      Untuk memahami  kekurangan dan kelebihan
4.      Contoh cara membuat email





BAB II
PEMBAHASAN


A.  Pengertian Email (Surat Elektronik      
Email adalah fasilitas di internet untuk keperluan surat menyurat. Sebagaimana layaknya kegiatan surat-menyurat melalui jasa pos, email mampu menangani jasa pengiriman berita dan dokumen dalam bentuk data elektronik (file), termasuk jasa e-card (kartu ucapan elektronik). Untuk memanfaatkan fasilitas email, sebelumnya harus memiliki sebuah alamat email, yang lazim disebut email address atau email account. Account email dapat diperoleh dari sebuah situs penyedia fasilitas email. Hingga saat ini, fasilitas e-mail banyak disediakan secara gratis oleh situs-situs internetlokal dan internasional (tidak dibedakan fungsinya).
Pada tahun 1971, seorang pakar teknik bernama Ray Tomlinson yang menandatangani proyek yang disebut SNDMSG. Proyek tersebuat bukanlah sebuah program baru, karena kenyataannya sudah ada selama bertahun-tahun, bahkan saat itupun sudah dianggap primitif. Maksud dan tujuannya adalah agar antar pengguna mesin yang sama, memungkinkan untuk bisa saling berkirim pesan. Mereka bisa membuat file teks yang kemudian dikirim ke kotak surat (mailbox) pada mesin yang sama.
Sebuah mailbox surat hanya berisi file teks. Pada file tersebut dapat ditambahkan data, tetapi tidak menghapus atau mengubahnya. Nama mailbox-nya tak lain adalah nama dari file teks itu sendiri.
C.  Kelebihan dan kekurangan email
Kelebihan menggunakan email :
-            Cepat/sangat cepat karena hanya perlu beberapa menit .
-            Mudah karena kita cukup mengetik di komputer .
-            Multiple send dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus.
-            Dapat mengirim file attactment seperti file doc, excel, mp3, gambar, video dan lain-lain.
-            Kapan saja dan dimana saja [ tidak ada perbedaan lokasi dan waktu.
-            Biaya lebih murah karena internet sekarang sudah mulai agak murah di Indonesia
Kekurangan menggunakan email :
-            harus online [ connect ke internet ]
-            text dan gambar only yang dapat dikirim [ tidak bisa kirim paket / barang hehehe  
-            tidak connect internet dan check maka kita tidak akan tahu yang kita kirim sudah dibalas ataubelum
-            harus ingat username dan password
-             ladang virus juga bagi yang tidak mengerti.
D.  Cara Membuat Email
Langkah-langkah cara membuat email dengan benar, perhatikan dengan seksama.
1.    Daftar
Pertama-tama kita menuju yahoo.com, setelah itu klik ‘Buat Account’ (perhatikan gambar di bawah).
2.    Lengkapi Data Diri
Isi dan lengkapi data diri (nama, jenis kelamin, tanggal lahir dan negara asal), lalu buat password yang rumit (kombinasi huruf, angka dan simbol kalau bisa) dan mudah diingat. Setelah itu alternative email (garis kotak biru) itu boleh diisi boleh juga tidak.
Selanjutnya buatlah secret question (pertanyaan rahasia/kemanan) dan sekaligus juga jawabannya, hal ini berfungsi apabila kamu lupa password email kamu ini, maka pertanyaan ini akan membantu mengidentifikasikan bahwa kamu memang pemilik alamat email ini dan kamu pun tetap bisa masuk ke dalam akun alamat email yang kamu buat.
Kemudian tulis code sesuai gambar (lihat garis kotak hijau muda di bawah), jangan lupa perhatikan huruf besar dan huruf kecil
SARAN: Lebih baik catat password dan juga jawaban dari secret question ke dalam kertas lalu simpan baik-baik untuk jaga-jaga kalau kita lupa di kemudian hari (ingat! lupa itu sifat dasar dari manusia lho…)
Terakhir, cek sekali lagi data diri kita dan juga code pada gambar (garis kotak hijau muda). Apabila dirasa sudah lengkap dan benar klik ‘Crdate My Account’.
Menurut pengalaman kesalahan biasanya terjadi pada penulisan code, jika salah maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah. Dan kita akan diminta kembali menuliskan code dengan benar
Namun apabila semua sudah benar, maka kita akan diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini. Halaman ini menunjukkan bahwa kita sudah berhasil membuat account email baru. Selanjutnya tinggal klik ‘Continue/lanjutkan’
3.    Selamat! kamu sudah memiliki account email bar

Langkah pertama untuk Cara membuat email di google atau gmail, kunjungi Gmail.com nah langsung saja klik Create account
Langkah selanjutnya untuk membuat email di google ini, anda isi formulir dengan benar, contohnya seperti dibawah ini ( Nama depan, Nama belakang, Password jangan lupa minimal 8 huruf, tanggal lahir dan jenis kelamin, nomor telpon bisa di isi atau kosongi saja), dan setelah di isi lalu klik next step
Setelah itu anda akan di hadapakan dengan talpilan sperti di bawah ini, klik saja next step. Tapi jika ingin memberi foto, silahkan saja upload foto dulu
Nah seterusnya anda akan menemui tampilan seperti ini, silahkan continue to Email
Selamat anda sudah berhasil membuat Email di google atau gmail, dan biasanya langsung menerima 3 pesan dari google ( Pesan selamat kwkwk )
Cara Mengirim Email Dan Menyertakan File Di Dalamnya
1.      Menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail
2.      Maka akan masuk pada tampilan berikutnya. Pilih dan klik Tulis di bagian kiri
3.      Langkah berikutnya adalah ketik alamat email yang akan dituju di bagian “Ke” (I) dan beri judul di bawahnya (II). Silakan mengisi apa yang hendak dikirim di kolom di bawah “Judul” (III).
4.      Nah.., untuk menyertakan file dalam pengiriman email, klik icon/lambang Attach File dan pilih tanda panah ke bawah untuk opsi dari mana file tersebut diambil.
Cara Membaca Email dan Mendownload File Yang Diterima
1.      Menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign-in akun. Menuju ke sebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik Mail
2.      Pada halaman “Email Masuk” periksa dan pilih email yang akan dibuka.
3.      Bagian yang dilingkari tersebut berarti terdapat file di dalamnya.
4.      Setelah terbuka, maka hanya pesan teks saja yang tampak. Untuk melihat isi file, kita perlu mendownloadnya terlebih dahulu.
5.      Buka opsi Download untuk menentukan dimana file tersebut nantinya akan di tempatkan. Di contoh ini adalah akan disimpan di komputer.
6.      Setelah file berhasil di download, Open folder tersebut untuk melihat isinya. Selesai!











BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan
a.       Blog adalah teknik pembuatan web sederhana dan gratis begitu juga e-mail adalah salah satu web yang gratis dan sangat menarik untuk di pakai
b.      Semoga dengan pembuatan blog ini pembaca dapat mempraktekkanya dan membuat blog sendiri.

B.       Saran
Nikmatilah tugas yang saya susun ketika makalah ini masih kurang memuaskan saya memberi anda semua kesempatan untuk mengkritik makalah ini,agar supaya saya bisa menjadi lebih baik lagi dalam memperbaiki makalah yang telah saya susun.





















DAFTAR PUSTAKA

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Mail
http://eritristiyanto.wordpress.com/2010/02/03/cara-buat-email-di-yahoo-untuk-pemula/
http://kangmizwar.com/blog/cara-membuat-email-gratis-di-yahoo.html
http://www.idafazz.com/cara-membuat-email-di-yahoo.php
http://www.serba-tersedia.co.cc/2010/03/cara-membuat-email-di-google-lengkap.html
http://babeh.net/cara-membuat-email-google/
http://kangmizwar.com/blog/cara-membuat-email-di-gmail.htm

























MAKALAH
CARA MEMBUAT E-MAIL

O

L

E

H

NAMA KELOMPOK
1. EMA SAFITRI
2. SUCI UTARI
3. KISWATIN WAHIDAH
4. CAHYO MANDALA AJI
5.  
6.  







KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah.. Puji syukur kehadirat Allah SWT. atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Segala pujian hanya layak kita aturkan kepada Allah SWT. Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta petunjuk-Nya yang sungguh tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang penulis beri judul ”CARA MEMBUAT E-MAIL ”.
Dalam penyusuna makalah ini, penulis mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan rasa berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada mereka, kedua orang tua dan segenap keluarga besar penulis yang telah memberikan dukungan, moril, dan kepercayaan yang sangat berarti bagi penulis.
Berkat dukungan mereka semua kesuksesan ini dimulai, dan semoga semua ini bisa memberikan sebuah nilai kebahagiaan dan menjadi bahan tuntunan kearah yang lebih baik lagi. Penulis tentunya berharap isi makalah ini tidak meninggalkan celah, berupa kekurangan atau kesalahan, namun kemungkinan akan selalu tersisa kekurangan yang tidak disadari oleh penulis.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi. Akhir kata, penulis mengharapkan agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



                                                                                                    









DAFTAR ISI

KATA PENGATAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Rumusan Masalah
C.    Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Email (Surat Elektronik
B.     Sejarah E-mail
C.    Kelebihan dan kekurangan email
D.    Cara Membuat Email
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA













Tidak ada komentar:

Poskan Komentar