KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkankepada tuhan yangmaha kuasa,
karena berkat karunianyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Makalah ini
berisi mengenai search engine yang sekarang populer di kalangan remaja.
Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada guru bidang study
TIK yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menyusun makalah ini.
Dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam prose pembuatan makalah ini.
Kami sadar makalah ini jauhdari kesempurnaan. Untuk itu
saran dan kritik yang bersifat membangun sangat kami harapkan, untuk
kesempurnaan penyusunan makalah selanjutnya.
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR
......................................................................................................
i
DAFTAR
ISI
....................................................................................................................
ii
BAB
I PENDAHULUAN
................................................................................................
1
BAB
II PEMBAHASAN
1. Macam-Macam Search
Engine .................................................................. 2
2. Sejarah
.......................................................................................................
5
3. Kelebihan Dan
Kekurangan
....................................................................... 7
BAB
III PENUTUP ..........................................................................................................
10
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Di buatnya makalah ini sengaja karena untuk memenuhi tugas pelajaran TIK dan
menambah kekompakan kami dalam pembuatan tugas yang membuat kami berinovasi dan
kreatif dalam pembelajaran.
2. Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini yaitu, sebagai berikut :
a.
Menambah wawasan pengetahuan kami
b.
Menambah pengalaman yang berharga dalam pembelajaran
c.
Meningkatkan kreativitas dan inovasi baru.
d.
Dll .
BAB II
PEMBAHASAN
GOOGLE
Mesin
pencari yang paling populer ini yang paling banyak memuat informasi internet.
dengan database internet yang sangat banyak, tampilan yang bersahabat, dan
berbagai fitur-fitur pendukungyangsangatoke.
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.
YAHOO
Salah
satu portal terbesar di Internet, selain MSN., dan juga salah satu mesin
pencari tertua.
Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya.
Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakan search.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya.
ALLTHEWEB
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.
ALTAVISTA
Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.
MSN
Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.
ASKjeeves
Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did Indonesian independence?)
LYCOS
(http://www.lycos.com)
(http://www.lycos.com)
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
2.Sejarah
Saat awal perkembangan internet, Tim
Berners-Lee membuat sebuah situs web yang berisikan daftar situs web
yang ada di internet melalui peladen web CERN. Sejarah yang
mencatat sejak tahun 1992 masih ada hingga kini.[2] Dengan semakin
banyaknya situs web yang aktif membuat daftar ini tidak lagi memungkinkan untuk
dikelola oleh manusia. Utilitas pencari yang pertama kali digunakan untuk
melakukan pencarian di internet adalah Archie
yang berasal dari kata "archive" tanpa menggunakan huruf
"v".[3] Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan
Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu
komputer Universitas McGill, Amerika
Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar
direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke
dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.
Mesin pencari lainnya seperti Aliweb, muncul di
1993 dan masih berjalan hingga saat ini. Salah satu mesin pencari pertama yang
sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar adalah Lycos, yang dimulai
di Carnegie Mellon University sebagai proyek
riset di tahun 1994.
Segera setelah itu, banyak mesin
pencari yang bermunculan dan bersaing memperebutkan popularitas. Termasuk di
antaranya adalah WebCrawler, Hotbot, Excite, Infoseek, Inktomi, dan AltaVista. Masing-masing
bersaing dengan menambahkan layakan-layanan tambahan seperti yang dilakukan
oleh Yahoo.
Tahun 2002 Yahoo! mengakuisisi Inktomi, setahun
kemudian mengakuisisi AlltheWeb dan Altavista kemudian
meluncurkan mesin pencari sendiri yang didasarkan pada teknologi gabungan dari
mesin-mesin pencari yang telah diakuisisinya serta memberikan layanan yang
mengutamakan pencarian Web daripada layanan-layanan lainnya.
Di bulan desember 2003, Orase menerbitkan
versi pertama dari teknologi pencari waktu-riilnya. Mesin ini memiliki banyak
fungsi baru dan tingkat unjuk kerja yang jauh lebih baik.
Mesin pencari juga dikenal sebagai
target investasi internet yang terjadi
pada akhir tahun 1990-an. Beberapa
perusahaan mesin pencari yang masuk ke dalam pasar saham diketahui mencatat
keuntungan besar. Sebagian lagi sama sekali menonaktifkan layanan mesin
pencari, dan hanya memasarkannya pada edisi-edisi enterprise saja,
contoh Northern Light sebelumnya
diketahui merupakan salah satu perintis layanan mesin pencari di internet.
Buku Osmar R. Zaïane From
Resource Discovery to Knowledge Discovery on the Internet menjelaskan
secara rinci sejarah teknologi mesin
pencari sebelum munculnya Google. Mesin-mesin pencari lainnya
mencakup a9.com, AlltheWeb, Ask
Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.
Google
Google muncul pada akhir tahun 1997, dimana Google
memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan
mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos,
dimana perusahaan-perusahaan tersebut mengklaim sebagian perusahaan yang
bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google
mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di
dunia.
Saat tingginya persaingan antar mesin pencari yang ada,
namun mesin pencari lain tidak mampu menghentikan kesuksesan Google. Setelah
Yahoo mampu pada posisi puncak di sekitar tahun 2000, Google mampu menerobos
liga besar tersebut. sehingga Google dipandang sebagai mesin pencari yang utama
seperti yang kita ketahui pada hari ini.
Yahoo
Yahoo raja directori di internet, di samping para pengguna internet melihat DMOZ
serta LookSmart berusaha menurunkan nya dari posisi puncak tersebut.
Akhir-akhir ini, telah tumbuh secara cepat dalam ukurannya, mereka pun sudah
memiliki harga sehingga mudah untuk memasukinya, dengan demikian, mendapatkan
sebuah daftar pada direktori Yahoo memang memiliki nilai yang tinggi.
pada tahun 2001, mesin pencari Google berkembang
besar. Keberhasilan ini didasarkan pada bagian konsep dasar dari link popularity dan PageRank. Setiap halaman diurutkan berdasarkan
seberapa banyak situs yang terkait, dari sebuah premis bahwa situs yang
diinginkan pasti lebih banyak terhubung daripada yang lain. Rangking situs (The
PageRank)dari sebuah link halaman dan jumlah link dari halaman-halaman tersebut
merupakan masukan bagi Rangking situs yang bersangkutan. Hal ini memungkinkan bagi
Google untuk mengurutkan hasilnya berdasarkan seberapa banyak halaman situs
yang menuju ke halaman yang ditemukannya. User interface Google sangat
disukai oleh pengguna, dan hal ini berkembang ke para pesaingnya.
1.
Kelebihan Dan Kekurangan Search Engine
1)
Yahoo
- Kelebihan:
1.
carta surat menyurat modern untuk membuat orang menjadi lebih maju
2.
salah satu web yang menyediakan layanan fasilitas gratis
3.
salah satunyapun yang anda bilang, bila di refresh cepat
4.
banyak fasilitas yang disediakan, seperti: Y!A Y!A Y! mail Y! 360 dan lain2
5.
sudah ada di banyak negara
- Kekurangan:
1. id
yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2. Teralu
mudah untuk membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
3. Fitur Y!M
msh sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
4. Skin
untuk Y!M msh sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
2)
Alltheweb
· kelebihan
- Kemudahan dalam mencari.
- Tampilan yang sederhana seperti Google.
- Alltheweb langsung menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
- Menu bantuan terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak, sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
- Kekurangan
- Pencarian yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
- Halaman pencarian hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
- Pada link-link yang tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Allltheweb melakukan update.
3) Msn
Kelebihan
- mampu mencari video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
- Kekurangan
- pencarian. Dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
- Pengguna juga sulit membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4)
Askjeevs
- Kelebihan
1.
Keunggulan utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk
pertanyaan anda.
5) Google
·
Kelebihan
- Kecepatan dan kemudahan dalam mencari.
- lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya.
- Tampilan yang sederhana.
- Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan.
- Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
- Kekurangan
- Dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
6)
Altavista
- Kelebihan
- keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
- Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
- Kekurangan
- Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
7) Lycos
- Kelebihan
1.
Lycos mampu mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2.
Dalam hal pencarian cepat.
3. Lycos menyediakan fungsi “Fun Search” yang lebih
diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat membantu bagi kalangan yang
membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para selebritis pujaan.
4.
Lycos juga menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
- Kekurangan
- Untuk mencari berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
- Sering tidak spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Jadi, search engine berupa mesin pencari informasi
cepat yang sekarang sering digunakan oleh masyarakat terutama para remaja.
2. Saran
Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dan
penggunaan search engine lebih bisa bermaanfaat lagi.
DAFTAR PUSTAKA
http://harivalcomputer.blogspot.com/2010/03/macam-macam-search-engine-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar