Selasa, 19 Mei 2015

MAKALAH PERALATAN MEMASAK

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Wanita identik dengan dapur, walaupun pada kenyataannya ada beberapa wanita yang anti masuk ke dapur dan sebaliknya ada juga kaum pria yang suka melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan dapur. Melengkapi dapur dengan alat-alat dapur yang fungsional merupakan sebuah keharusan bagi mereka yang suka memasak. Sehingga tidak heran bila mereka mendandani dapur mereka supaya nyaman dan bisa berlama-lama melakukan aktivitas di dapur. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui alat-alat dapur apa saja yang harus ada di dapur kita, baik itu yang digunakan untuk kegiatan masak memasak, penyajian masakan dan makanan serta perlengkapan makan dan minum.
Berikut adalah alat-alat yang sebaiknya ada

B.     Rumusan Masalah
1.      Berbagai Macam Alat yang Terdapat di Dapur ?
2.      Macam-Macam Alat Dapur Untuk Memasak ?
3.      Mengatur Peletakan Alat ?
4.      Cara Merawat Alat Dapur ?

C.    Tujuan
Untuk mengetahui dan mempelajari semua tentang peralatan memasak












BAB II
PEMBAHASAN

A.    Berbagai Macam Alat yang Terdapat di Dapur
Orang yang biasa berada di dapur pasti sudah tidak asing dengan berbagai macam alat dapur dan kegunaannya. Namun bagaimana dengan orang yang tidak biasa berada di dapur, mereka pasti akan kebingungan mencari benda yang diperlukan untuk memasak. Apalagi bagi yang baru belajar masak, pasti mencari referensi berbagai macam alat yang biasa digunakan di dapur. Di bawah ini beberapa alat yang biasa di dapur, dari yang sederhana sampai yang modern.

B.     Macam-Macam Alat Dapur Untuk Memasak
1.      Alat Untuk Memasak Bagian Bawah
·         Tungku
Tungku adalah alat yang dipergunakan untuk memasak dengan bahan bakar kayu bakar. Anglo adalah alat pemasak yang termasuk tradisional dan masih banyak dipakai di daerah pedalaman dan daerah miskin. Tungku pada umumnya terbuat dari bahan tanah liat atau batu bata.
·         Anglo
Anglo adalah alam memasak yang dijalankan dengan bahan bakar arang terbuat dari besi atau tanah liat.


·         Kompor Minyak Tanah
Kompor untuk memasak makanan dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah. Kompor minyak tanah tergabung dari banyak komponen seperti tali sumbu, tempat minyak, cerobong api, tempat panci dan lain-lain.
·         Kompor Gas
Kompor gas digunakan dengan bahan bakar gas alam atau liquid petroleum gas alias lpg. BBG banyak disukai karena emisi buangan yang bersih dan hasil pembakaran yang baik.
·         Kompor Listrik
Kompor ini menggunakan energi listrik yang kemudian diubah menjadi energi panas dalam bentuk api.

·         Kompor Briket Batubara
Kompor briket menggunakan potongan-potongan batubara sebagai bahan bakarnya. Sekali dinyalakan kompor briket tidak dapat dimatikan, sehingga perlu diperhitungkan jumlah briket yang dipakai sebelum memasak agar tidak terjadi pemborosan yang tidak perlu.
·         Oven atau Microwave
Oven dan Microwave sama-sama memanaskan suatu ruangan yang sebelumnya telah diisi makanan yang hendak dimasak. Oven bisa berbahan bakar gas, minyak tanah, briket dan lain sebagainya. Microwave biasanya menggunakan energi listrik yang diubah menjadi gelombang microwave yang sangat panas.
2.      Alat Untuk Mamasak Bagian Atas
·         Dandang
Dandang adalah alat untuk memasak nasi yang terbuat dari tembaga yang bentuknya seperti topi tukang sulap terbalik.
·         Langseng
Langseng adalah alat untuk memasak yang memiliki dua bagian terpisah yang kemudian digabung saat memasak, di mana yang bawah berisi air, yang atas berisi makanan yang mau dimasak.
·         Cerek atau Ceret
Cerek adalah alat untuk memasak air yang ketika mendidih akan mengeluarkan uap pada ujung moncongnya dan mengeluarkan bunyi bersiul.
·         Wajan atau Penggorengan
Wajan bisa dibuat dari besi alumunium maupun stainless steel yang berfungsi untuk menggoreng atau menumis masakan.


·         Panci
Panci adalah alat masak-memasak untuk merebus atau memasak makanan yang mengandung air yang bisa terbuat dari besi alumunium maupun stainless steel.
·         Presto Cooker
Presto cooker berfungsi untuk melunakkan dan mengempukkan makanan yang keras dengan tekanan tinggi. presto cooker biasanya berguna untuk melunakkan duri ikan, tulang ayam, dan lain sebagainya.
3.      Alat Dapur untuk Memasak atau Alat Dapur Lainnya
·         Tampah
Tampah adalah alat yang terbuat dari anyaman bambu untuk menampih beras untuk dimasak menjadi nasi



·         Centong
Centong adalah alat untuk mengambil nasi yang terbuat dari kayu. Centong kinu juga ditemui dalam bahan plastik, besi alumunium, dan lain sebagainya
·         Talenan
Talenan adalah alat sebagai alas bahan makanan yang mau diiris.
·         Parutan / Parut
Parutan adalah berfungsi untuk memarut bahan makanan seperti kelapa, singkong, kentang, wortel, jahe, dan lain sebagainya.






·         Cobek / Ulekan / Ulek-Ulek
Cobek adalah alat untuk mengulek makanan menjadi halus. Biasanya digunakan untuk menghaluskan bumbu yang akan dimasak.
·         Irus
Irus adalah alat untuk mengaduk sayur atau masakan berair yang terbuat dari tempurung kelapa, besi alumunium, dan lain-lain
·         Blender
Blender berasal dari kata blend adalah alat untuk menghaluskan serta mencampur makanan basah. Blender biasanya dipakai untuk membuat jus / juice buah-buahan dan sayur-sayuran.


·         Mixer
Mixer adalah alat untuk mengaduk adonan makanan.
·         Toaster
Toaster adalah alat untuk memanggang roti yang menggunakan bahan bakar listrik.
·         Rice Cooker
Adalah alat untuk memasak nasi secara otomatis dengan energi listrik.

C.    Mengatur Peletakan Alat
Dapur yang Anda miliki tidak harus dapur yang besar, luas dan sangat mewah. Seperti di dalam gambar-gambar interior rumah di majalah. Dapur yang kecil pun, asal Anda mampu mengatur peletakan alat dapur Anda, sesuai fungsi dan kebutuhan. Tentu saja akan tetap terlihat apik dan serasi. Karena itu, sebagai seorang wanita yang mencintai keindahan sekaligus kebersihan. Anda harus mampu berkreasi dan kreatif dalam mengatur tatanan dapur Anda. Pikirkan baik-baik di mana Anda harus meletakkan lemari dapur, untuk meletakkan peralatan makan serta semua peralatan dapur tersebut.
Anda harus mampu mengorganisasikan setiap sudut dapur dengan baik. Letakkan setiap alat agar terlihat efektif dan efisiensi tempat. Misalnya, peralatan masak yang kecil-kecil seperti: irus, sodet, centong nasi dan pisau diletakkan cukup dekat dengan area Anda memasak. Yakni kompor Anda.
Peletakkan alat-alat bantu lainnya bisa disusun rapih di rak-rak piring atau lemari dapur. Tempat bumbu sebaiknya didekatkan pula di dekat kompor Anda. Juga panci, wajan, dandang serta alat besar lainnya bisa diletakkan di bawah meja dapur Anda. Sedangkan benda-benda dapur yang sesekali dipakai bisa Anda simpan rapih lebih dahulu di lemari dapur. Seperti blender, toaster, dan processor bumbu dan bahan makanan. Sehingga selain dapur terlihat asri, apik dan rapih. Kegiatan memasak Anda menjadi sangat menyenangkan. Anda pun sesekali dapat mengajak serta putra-putri atau pun suami Anda untuk ikut terjun ke dapur.

D.    Cara Merawat Alat Dapur
Selain penataan, maka perawatan alat dapur juga cukup penting untuk diperhatikan. Gunanya terutama adalah agar peralatan yang Anda miliki menjadi awet, selain agar menjadi awet, alat dapur tentu harus rajin dirawat dan dibersihkan. Dan untuk merawatnya dibutuhkan cara tersendiri, tergantung dari bahan apa alat dapur tersebut dibuat.
Terbuat dari kayu
Bila ada daging atau sayur yang menempel, olesi dengan minyak agar kotorannya muda di hilangkan. Kemudian cuci dengan air dan sabun. Bila terdapat bau yang apek cukup rendam saja di air panas.
Terbuat dari plastik
Paling sulit membersihkan alat ini bila terkena minyak atau noda. Namun bila direndam dengan air panas, minyak yang menempel akan lepas dengan sendirinya. Sedang untuk perawatan sehari-hari cukup dicuci dengan sabun seperti biasa.
Terbuat dari alumunium, besi dan metal
Bila terkena noda dan kotaran atau minyak bersihkan dengan jeruk nipis yang dipotong kemudian digosok-gosokan pada yang kotor. Untuk menghindari karat, simpanlah di tempat yang kering dan tidak mudah terkena air.
Semoga tip-tip sederhana ini bisa dimanfaatkan, terutama bagi mereka yang sering bekerja di dapur atau yang mempunyai hobi memasak dan mengoleksi alat dapur.
Perawatan = Penghematan
Bagi sebagian wanita yang memiliki kelebihan finansial dalam keluarga, tentu tidak sulit untuk senantiasa mengganti peralatan dapur yang telah rusak, atau bahkan sudah tidak up to date lagi. Namun bagi sebagian wanita yang lain, yang tidak seberuntung kelompok pertama tadi, tentu akan lebih memilih melakukan perawatan terhadap peralatan dapur yang dimilikinya.
Karena dengan merawat, berarti mengurangi resiko kerusakan. Dan juga tidak perlu melakukan penggantian. Dan ini bisa berarti sebuah langkah penghematan yang tepat. Karena itu, mengetahui dengan pasti jenis alat dapur dan mengerti cara merawatnya sekalian, merupakan langkah bijaksana untuk berhemat pula.
























BAB III
KESIMPULAN

Orang yang biasa berada di dapur pasti sudah tidak asing dengan berbagai macam alat dapur dan kegunaannya. Namun bagaimana dengan orang yang tidak biasa berada di dapur, mereka pasti akan kebingungan mencari benda yang diperlukan untuk memasak. Apalagi bagi yang baru belajar masak, pasti mencari referensi berbagai macam alat yang biasa digunakan di dapur. Di bawah ini beberapa alat yang biasa di dapur, dari yang sederhana sampai yang modern.
Macam-Macam Alat Dapur Untuk Memasak
1.      Alat Untuk Memasak Bagian Bawah
·         Tungku
·         Anglo
·         Kompor Minyak Tanah
·         Kompor Gas
·         Kompor Listrik
·         Kompor Briket Batubara
·         Oven atau Microwave
2.      Alat Untuk Mamasak Bagian Atas
·         Dandang
·         Langseng
·         Cerek atau Ceret
·         Wajan atau Penggorengan
·         Panci
·         Presto Cooker
3.      Alat Dapur untuk Memasak atau Alat Dapur Lainnya
·         Tampah
·         Centong
·         Talenan
·         Parutan / Parut
·         Cobek / Ulekan / Ulek-Ulek
·         Irus
·         Blender
·         Mixer
·         Toaster
·         Rice Cooker






























DAFTAR PUSTAKA

http://kiancantik.blogspot.com/2012/09/alat-alat-dapur-yang-umum-digunakan.html
http://kriansidoarjo.blogspot.com/2012/11/macam-macam-alat-dapur-untuk-memasak.html


KATA PENGANTAR

Sembah sujud penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT karena anugerah dan rahmat-Nya jualah sehingga makalah ini dapat terselesaikan. Dalam penyusunan makalah ini, penulis telah berusaha semaksimal mungkin, yang mana telah memakan waktu dan pengorbanan yang tak ternilai dari semua pihak yang memberikan bantuannya, yang secara langsung merupakan suatu dorongan yang positif bagi penulis ketika menghadapi hambatan-hambatan dalam menghimpun bahan materi untuk menyusun makalah ini.
Namun penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, baik dari segi penyajian materinya maupun dari segi bahasanya. Karena itu saran dan kritik yang bersifat konstruktif senantiasa penulis harapkan demi untuk melengkapi dan menyempurnakan makalah ini.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................................................................
DAFTAR ISI......................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................................
A.        Latar Belakang.......................................................................................................
B.        Rumusan Masalah..................................................................................................
C.        Tujuan ...................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN...................................................................................................
A.    Berbagai Macam Alat yang Terdapat di Dapur ......................................................
B.     Macam-Macam Alat Dapur Untuk Memasak..........................................................
C.     Mengatur Peletakan Alat.........................................................................................
D.    Cara Merawat Alat Dapur.......................................................................................
BAB III KESIMPULAN...................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA.........................................................................................................



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH PENDIDIKAN AGAMA SEBAGAI PROSES PENGUATAN MENTAL ANTI KORUPSI

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Beberapa negara di Asia memiliki beragam istilah tentang korupsi. Di China, Hong Kong dan T...