Selasa, 04 Oktober 2016

MAKALAH GERBANG LOGIKA DASAR

MAKALAH
GERBANG LOGIKA DASAR



NAMA : YUNINDA APRILIA
KELAS     : X - MULTIMEDIA 2



SMK NEGERI 1 SIKUR
2016
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah.. Puji syukur kehadirat Allah SWT. atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Segala pujian hanya layak kita aturkan kepada Allah SWT. Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta petunjuk-Nya yang sungguh tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang penulis beri judul ”GERBANG DASAR LOGIKA”.
Dalam penyusuna makalah ini, penulis mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan rasa berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada mereka, kedua orang tua dan segenap keluarga besar penulis yang telah memberikan dukungan, moril, dan kepercayaan yang sangat berarti bagi penulis.
Berkat dukungan mereka semua kesuksesan ini dimulai, dan semoga semua ini bisa memberikan sebuah nilai kebahagiaan dan menjadi bahan tuntunan kearah yang lebih baik lagi. Penulis tentunya berharap isi makalah ini tidak meninggalkan celah, berupa kekurangan atau kesalahan, namun kemungkinan akan selalu tersisa kekurangan yang tidak disadari oleh penulis.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi. Akhir kata, penulis mengharapkan agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR _______________________________________________
DAFTAR ISI_______________________________________________________
BAB I PENDAHULUAN_____________________________________________
A.    LATAR BELAKANG__________________________________________
B.     RUMUSAN MASALAH________________________________________
C.    TUJUAN_____________________________________________________
BAB II PEMBAHASAN______________________________________________
A.    PNGERTIAN GERBANG LOGIKA_____________________________
B.     MACAM-MACAM GERBANG LOGIKA________________________
BAB III PENUTUP__________________________________________________
A.    KESIMPULAN_______________________________________________
B.     SARAN _____________________________________________________
DAFTAR PUSTAKA________________________________________________



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan teknologi komputer telah membuat ruang batas perangkat lunak dan perangkat keras semakin sempit. Komputer sebagai sistem tidak dapat dipahami tanpa memahami kedua aspek tersebut. Kalau dalam dekade sebelumnya, rangkaian logika digital dianggap perlu dipahami hanya oleh orang-orang yang bekerja dalam bidang  perangkat keras komputer, kini disadari bahwa pemahaman rangkaian logika digital  juga merupakan keharusan bagi orang-orang yang bekerja dalam bidang perangkat  lunak atau program komputer.
Peralatan listrik dewasa ini cenderung menggunakan rangkaian listrik digital. Bahkan saat ini rangkaian elektronika digital sudah bukan barang asing lagi. Sebenarnya, sebuah rangkaian digital tidak harus selalu berupa rangkaian rumit dengan banyak komponen kecil seperti yang ada pada komputer, handphone atau kalkulator. Sebuah rangkaian dengan kerja sederhana yang menerapkan prinsip-prinsip digital, juga merupakan sebuah rangkaian digital.
Rangkaian listrik digital dibangun dari gerbang logika. Gerbang dalam  rangkaian logika merupakan fungsi yang menggambarkan hubungan antara masukan  dan keluaran. Gerbang logika mempunyai  output  1 dan 0.  Output  suatu rangkaian  logika dapat dianalisis menggunakan aljabar Boole dengan mengacu pada suatu  persamaan logika.
Gerbang sendiri yang diterjemahkan dari istilah asing gate, adalah elemen dasar dari semua rangkaian yang menggunakan sistem digitalGerbang logika dasar meliputi or, and dan not. Adapun gerbang logika kombinasi merupakan perpaduan-perpaduan antara gerbang logika dasar.
B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini yaitu bagaimana cara mempelajari dan memahami GERBANG LOGIKA mengenai  fungsi-fungsi khusus, misalnya AND, OR, NAND, NOR, NOT atau EX-OR (XOR). Masing-masing gerbang logika mempunyai perilaku proses yang berbeda. Perbedaan ini dapat ditunjukan dengan kombinasi keluaran yang di gambarkan dalam table kebenaran (truth table).

C.    Tujuan
Tujuan pembuatan makalah ini , agar mahasiswa (penulis dan pembaca) dapat mengetahui konsep dasar   rangkaian gerbang logika sehingga mampu membuktikan kebenaran dari masing-masing tabel kebenaran gerbang logika dan mampu menjelaskan perbedaan atau cirikhas dari setiap gerbang logika.


























BAB II
PEMBAHASAN

C.    Pengertian Gerbang Logika
Apa itu gerbang logika? Gerbang logika merupakan rangkaian yang memiliki satu atau lebih sinyal masukan tapi hanya memiliki satu sinyal keluaran. Sinyal ini hanya dikenal dalam dua kondisi yaitu 1 dan 0, yang diartikan sebagai hidup dan mati, tinggi dan rendah, atau benar dan salah.
D.    Macam-macam Gerbang Logika
1.      Gerbang AND
Simbol gerbang AND
Gerbang and mempunyai 2 atau lebih masukan dan hanya mempunyai 1 keluaran. Gerbang and akan mengeluarkan nilai 1 jika semua masukan bernilai 1. Jika salah satu masukan atau semua masukan bernilai 0 maka output nya 0. Berikut tabel kebenaran dari AND GATE :

INPUT A
INPUT B
OUTPUT Y
0
0
0
0
1
0
1
0
0
1
1
1




2.      Gerbang OR
Simbol gerbang OR
Gerbang or mempunyai 2 atau lebih masukan dan hanya memiliki 1 keluaran. Gerbang or akan mengeluarkan nilai 0 jika semua masukan bernilai 0. Jika salah satu masukan atau semua masukan bernilai 1 maka output nya bernilai 1. Berikut tabel kebenaran dari OR GATE:
INPUT A
INPUT B
OUTPUT Y
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
1

3.      Gerbang NOT
Simbol gerbang NOT
Berbeda dengan gerbang and dan or gerbang not hanya memiliki 1 masukan dan 1 keluaran. Apabila kita ingin menghasilkan nilai 1 maka yang harus di input adalah nilai 0, begitu juga sebaliknya. Berikut tabel kebenaran dari NOT GATE :



INPUT A
OUTPUT Y
1
0
0
1

4.      Gerbang NAND
Simbol gerbang NAND
Gerbang nand memiliki 2 atau lebih masukan dan 1 keluaran. NAND adalah kepanjangan dari NOT AND yang berarti kebalikan dari AND. Jika pada gerbang AND keluaran akan bernilai 1 apabila semua masukan bernilai 1 sebaliknnya pada gerbang NAND keluaran akan bernilai 0 jika semua masukan bernilai 1. Berikut tabel kebenaran dari NAND GATE :
INPUT A
INPUT B
OUTPUT Y
0
0
1
0
1
1
1
0
1
1
1
0

5.      Gerbang NOR
Simbol gerbang NOR


Gerbang NOR memiliki 2 atau lebih masukan dan 1 keluaran. NOR merupakan kepanjangan dari NOT OR yang berarti kebalikan dari NOR. Jika pada gerbang NOR keluaran akan bernilai 0 jika semua masukan bernilai 0 maka sebaliknya pada gerbang NOR, jika semua keluaran bernilai 0 maka keluaran akan bernilai 1. Berikut tabel kebenaran NOR GATE :
INPUT A
INPUT B
OUTPUT Y
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
0

6.      Gerbang XOR
Simbol gerbang XOR
XOR adalah kepanjangan dari Exclusive OR. Gerbang xor memiliki dua atau lebih masukan dan 1 keluaran. Gerbang xor akan mengeluarkan nilai 1 apabila semua masukan berbeda. Berikut tabel kebenaran dari XOR GATE :
INPUT A
INPUT B
OUTPUT Y
0
0
0
0
1
1
1
0
1
1
1
0


7.      Gerbang XNOR
Simbol gerbang XNOR
XNOR adalah kepanjangan dari Exclusive NOR. Gerbang XNOR adalah kebalikan dari gerbang XOR dimana keluaran akan bernilai 1 apabila semua masukan bernilai sama. Berikut tabel kebenaran dari XNOR GATE :
INPUT A
INPUT B
OUTPUT Y
0
0
1
0
1
0
1
0
0
1
1
1






BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Gerbang Logika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Logic Gate adalah dasar pembentuk Sistem Elektronika Digital yang berfungsi untuk mengubah satu atau beberapa Input (masukan) menjadi sebuah sinyal Output (Keluaran) Logis. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni 0 dan 1 dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean.
Gerbang Logika yang diterapkan dalam Sistem Elektronika Digital pada dasarnya menggunakan Komponen-komponen Elektronika seperti Integrated Circuit (IC),  Dioda,  Transistor,  Relay,  Optik maupun Elemen Mekanikal.
Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, yaitu :
  1. Gerbang AND
  2. Gerbang OR
  3. Gerbang NOT
  4. Gerbang NAND
  5. Gerbang NOR
  6. Gerbang X-OR (Exclusive OR)
  7. Gerbang X-NOR (Exlusive NOR)







DAFTAR PUSTAKA

Sumber :
http://mynote-bun.blogspot.co.id/2015/11/arsitektur-dan-organisasi-komputer.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH PERANG MELAWAN KESERAKAHAN KONGSI DAGANG

BAB I PENDAHULUAN A.     Latar Belakang Sultan Agung adalah raja yang paling terkenal dari Kerajaan Mataram. Pada masa pemerint...