KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Alhamdulillah.. Puji syukur kehadirat Allah SWT. atas segala
rahmat dan hidayah-Nya. Segala pujian hanya layak kita aturkan kepada Allah
SWT. Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta
petunjuk-Nya yang sungguh tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat
menyelesaikan makalah yang penulis beri judul ” PERANGKAT KOMPUTER ”.
Dalam penyusuna makalah ini, penulis mendapat banyak bantuan
dari berbagai pihak, oleh karena itu penulis mengucapkan rasa berterimakasih
yang sebesar-besarnya kepada mereka, kedua orang tua dan segenap keluarga besar
penulis yang telah memberikan dukungan, moril, dan kepercayaan yang sangat
berarti bagi penulis.
Berkat dukungan mereka semua kesuksesan ini dimulai, dan
semoga semua ini bisa memberikan sebuah nilai kebahagiaan dan menjadi bahan
tuntunan kearah yang lebih baik lagi. Penulis tentunya berharap isi makalah ini
tidak meninggalkan celah, berupa kekurangan atau kesalahan, namun kemungkinan
akan selalu tersisa kekurangan yang tidak disadari oleh penulis.
Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang
membangun agar makalah ini dapat menjadi lebih baik lagi. Akhir kata, penulis
mengharapkan agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.
Wassalamu'alaikum
Wr. Wb.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komputer adalah alat yang dipakai
untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer
semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan
perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini
kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan
informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi
komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat
seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya,
sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang
cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah
informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama
bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata
"komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut
disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah
dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of
Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai
kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga
digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata
tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang
pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu
mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat
mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Sekalipun demikian, definisi di atas mencakup banyak alat
khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi. Ketika
mempertimbangkan komputer modern, sifat mereka yang paling penting yang
membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal ialah bahwa, dengan
pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun
(meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang
berbeda), dan, memang dipercaya bahwa mesin sekarang bisa meniru alat
perkomputeran yang akan kita ciptakan pada masa depan (meskipun niscaya lebih
lambat). Dalam suatu pengertian, batas kemampuan ini adalah tes yang berguna
karena mengenali komputer "maksud umum" dari alat maksud istimewa
yang lebih awal. Definisi dari "maksud umum" bisa diformulasikan ke
dalam syarat bahwa suatu mesin harus dapat meniru Mesin Turing universal. Mesin
yang mendapat definisi ini dikenal sebagai Turing-lengkap, dan yang pertama
mereka muncul pada tahun 1940 di tengah kesibukan perkembangan di seluruh
dunia. Lihat artikel sejarah perkomputeran untuk lebih banyak detail periode
ini.
Komputer digital pertama, memiliki
ukuran yang besar dan membutuhkan biaya besar untuk pembuatannya. Komputer pada
masa itu umumnya digunakan untuk mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC,
komputer awal AS semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk
persenjataan (artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat
jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya (perhitungan ini, yang
dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan melibatkan dala dalam
lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di bawah
pertimbangan akan gagal). CSIR Mk 1/CSIRAC, komputer pertama Australia,
mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains,
suatu proyek pembangkitan Hidroelektrik besar. Selain itu juga dipakai dalam
kriptanalisis, misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus,
dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal juga menyangka
bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan gambar dan
penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan
perusahaan besar juga memakai komputer untuk mengotomasikan banyak koleksi data
dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia - misalnya,
memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam bidang pendidikan, ilmuwan
di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk analisis mereka sendiri.
Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai oleh organisasi yang
lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering menggunakan amat banyak
komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya dilakukan oleh komputer
kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan komputer yang lebih kecil di satu
lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di
1970-an, menjadi mungkin menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi
populer untuk banyak tugas, termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak
dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang matematika dengan lembatang
sebar, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas
komputer dan mudah customization sudah melihat mereka dipakai untuk banyak
maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya
dengan mengatur memrogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain
seperti peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri.
Yang ini prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah,
membolehkan kelakuan kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan
anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu dimulai, kebanyakan alat
listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan kebanyakan batas produksi
pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan insinyur meramalkan bahwa ini
cenderung kepada akan terus.
B. Batasan Masalah
Dalam
makalah ini penulis mencoba menjelaskan:
1. Apa
itu yang dimaksud dengan perangkat keras perangkat keras (hardware)
2. Apa
itu yang dimaksud dengan perangkat lunak (software).
C. Tujuan Penulisan
Tujuan
penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Pengetahuan Antopologi
Hukum yang diajarkan oleh Dosen Ari Widiastono, S.Kom,MT
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERANGKAT KERAS (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah
semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software)
yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Perangkat Keras Komputer atau lebih
dikenal dengan hardware mempunyai empat komponen utama yakni input device,
central processing unit (CPU), backing storage (storage devices) dan output
devices. Input devices dan output devices di kelompokkan dalam satu bagian yang
disebut peripheral yang terletak di sisi luar casing komputer. CPU dan backing
storage dikelompokkan sebagai komputer dan biasa terletak di dalam casing utama
computer.
Komponen Perangkat Keras Komputer
1. Perangkat Keras Masukan (Input Device)
Input Device berfungsi sebagai media
masukan data dari luar sistem ke dalam memori dan processor untuk diolah dan
menghasilkan informasi yang diperlukan. Perangkat keras yang termasuk ini
diantaranya :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang
paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer yang berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki
beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
b. Mouse
Mouse adalah perangkat keras masukan yang digunakan untuk menggerakkan pointer atau kursor. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
c. Light Pen
Light Pen merupakan alat yang berbentuk bolpoin yang berfungsi sebagai memberikan input pada computer dengan cara menyentuh layar monitor. Teknologi ini lebih teliti dari pada layar sentuh. Dengan alat ini operator computer dapat memilih item atau memilih perintah pada layer (seperti klik pada mouse) dengan cara menjepit sisi-sisi light pen tersebut atau dengan menekan pada layer. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
d. Layar Sentuh
Layar Sentuh merupakan layer monitor yang didesain atau dimodifikasi untuk dapat mengenali sentuhan pada permukaannya. Dengan menyentuh layar pengguna dapat memilih operasi atau memindahkan kursor. Layer sentuh kurang bagus jika digunakan pada computer pribadi (personal computer) karena pengguna harus sering-sering mengangkat tangannya menyentuh monitor. Disamping itu, layar sentuh tidak memiliki resolusi yang tinggi.
e. Scanner
Scanner merupakan perangkat keras
masukan yang berfungsi untuk memindah suatu obyek sehingga menghasilkan gambar
elektronik dengan menggunakan sinar yang terlihat atau radiasi elektromagnetik
lain seperti sinar laser. Cara kerjanya adalah dengan menempatkan sebuah obyek
diatas kaca scenner.
f. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
2. Perangkat Keras Pemroses
Piranti pemroses adalah piranti yang
bertugas memproses masukan yang diterima oleh computer sehingga dihasilkan
informasi yang sesuai dengan kebutuhan, piranti pemroses dalam computer adalah
CPU (Central Processing Unit)
a. Processor
Processor merupakan nama singkat
dari microprocessor dan sering di sebut CPU (Central Processing Unit). Komponen
ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah sekeping silikon yang berukuran
kecil persegi yang mengandung ratusan ribu bahkan sampai jutaan transistor dan
komponen elektrik lainnya. Processor salah satu komponen yang terpenting dalam
sistem komputer, Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai
pemroses data. Contoh: Pentium 3. Pentium 4, Celleron, AMD dll.
b. Memory
Memory adalah ruang simpan sementara
dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama)
dan backing storage (penyimpan cadangan).
1. Main Memory
Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang
disimpan memori dan dapat berupa data atau program, diantaranya:
Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai
dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.
Menyimpan
data hasil dari pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti pengeluaran.
Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan
atau dari piranti sekunder.
Memory dibedakan atas ROM dan RAM. Selain itu ada pula
memory yang di sebut cache memory. ROM (Read Only Memory) merupakan jenis
memory yang isinya tidak hilang walau arus listrik terputus dan pada awalnya
isinya hanya bisa dibaca. ROM BIOS biasa disebut dengan BIOS (Basic
Input/Output Sistem). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor
ketika komputer mulai dihidupkan. RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori
yang isinya dapat berganti-ganti (bisa dibaca dan ditulis) selama komputer
dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak
terputus. Jika arus listrik terputus informasi dalam RAM akan hilang.
2. Backing Storage
Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan
penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini
dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya
disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya.
c. Motherboard
Motherboard terkadang disebut sistem
board, main board dan plannar. Komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa
dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang dapat dilepas,
misalnya sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip ram. Ada beberapa
motherboard yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang
dikenal onboard.
Slot-slot motherboard memungkinkan
pemakai melakukan ekspansi atau melakukan upgrade, istilah ekspansi merupakan
meningkatkan kemampuan komputer dengan cara menambahkan komponen-komponen
tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup pada sistem sebelumnya.
d. Power Supply
Power Supply berfungsi sebagai
pemasok listrik dalam rangkaian komputer. Masukan komponen ini berupa arus
listrik bolak-balik (AC) selanjutnya catu daya mengonversi arus bolak-balik
menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh
komponen-komponen dalam komputer. Catu daya dapat di hidupkan dan dimatikan
melalui tombol On-Off yang terdapat di bagian depan casing komputer.
3. Perangkat Keras Keluaran (Output Device)
Output device merupakan peralatan
yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang
berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun
dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis dan media dari
output device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak.
b. Monitor
Monitor peripheral merupakan yang
termasuk dalam softcopy. Ukuran monitor sama seperti ukuran televisi, yakni
didasarkan pada panjang diagonal dari area yang dapat kita lihat. Untuk ukuran
monitor desktop yang saat ini berukuran 14”, 15”, 17”, 19” dan 21” untuk ukuran
laptop yakni 12.1”, 13.3”, dan 14.1”
Untuk ukuran resolosi di tentukan
jumlah piksel (picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil
tampilan layer. Misalnya resolosi 1.024 x 768 berarti monitor mengandung 1.024
baris piksel dan 768 kolom piksel, dengan kata lain jumlah piksel yang tersusun
di monitor sebesar 1.024 x 768 buah. Semakin besar resolosinya maka semakin
bagus kualitas gambar atau tampilan monitor.
Berdasarkan pembuatannya monitor terbagi atas :
1.
Monitor
CRT (Cathode Ray Tube), memiliki layar yang terbuat dari tabung hampa, sama
seperti tabung televisi hal ini membuat monitor CRT memiliki ukuran relative
besar bila dibandingkan monitor LCD.
1.
Monitor
Layar Datar (Flat Panel Display), Menurut jenisnya Layar datar terbagi atas :
LCD, LED dan Plasma. Monitor Layar LCD memanfaatkan dua keeping bahan yang terpolarisasi
dengan ditambah cairan krystal diantara kepingan tersebut. Sinyal listrik yang
dilewatkan melalui melalui cairan kristal akan membuat kristal di dalamnya akan
mencengat cahaya yang lewat.
B. Printer
Printer adalah perangkat keras yang digunakan untuk membuat
cetakan pada kertas, berdasarkan teknologi pencetakan printer dikelompokkan
menjadi : Impact, Printer jenis ini sering disebut hammer, karena pencetakannya
dilakukan dengan memukul sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin sangat
berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relatif tidak terputus. Jumlah pin
berkisar antara 9 hingga 24 pin, semakin banyak jumlah pin maka semakin halus
tulisan yang dihasilkan. Keunggulan printer ini terletak pada kemampuan
mencetak dengan kertas rangkap yang tidak bisa dilakukkan printer lain, yang
termasuk printer jenis ini diantaranya :
1. Dot
Matrix, (Printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan pin)
2. Daisy
Wheel, (Printer yang menggunakan roda berisi karakter-karakter)
3. Line
Printer, (Printer yang mencetak satu baris perwaktu)
4. Thermal,
Printer thermal merupakan pilihan terbaik bagi keluaran yang cetakan berwarna
dengan kualitas tinggi. Cetakan berwarna printer thermal memerlukan kertas
berlapis lilin atau parafin, dan panas akan membakar titik-titik pada kertas
khusus tersebut sehingga hasil cetakannya pun bagus. Untuk cetakan hitam putih,
printer thermal tidak memerlukan kertas khusus bisa dengan kertas biasa.
5. Ink-Jet,
Printer Ink-Jet adalah printer yang memberikan cetakan dengan cara menyemprot
titik-titik tinta yang bermuatan listrik ke kertas cetakan, printer ini bisa
digunakan untuk cetak berwarna atau hitam putih, mencetak pada kertas biasa
atau pad plastic untuk bahan presentasi.
6. Laser,
Printer Laser yang memberikan hasil yang terbagus, printer ini dirancang untuk
komputer Mainframe karena memiliki kecepatan sekitar 229 hal per menit,
sedangkan untuk komputer PC dengan kecepatan 4 sampai 25 hal per menit.
7.
Multifungsi, Printer multifungsi merupakan jenis printer yang memiliki berbagai
fungsi, misalnya digunakan untuk : fotocopy, scanner, bahkan ada bisa untuk fax
B. PERANGKAT LUNAK (Software)
Perangkat Lunak (software) adalah
kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam
menjalankan pekerjaannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin
komputer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Perangkat Lunak (software) merupakan
data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data
yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh
perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk
menjalankan perintah yang dijalankannya. Untuk mencapai keinginannya tersebut
dirancanglah suatu susunan logika, logika yang disusun ini diolah melalui
perangkat lunak, yang disebut juga dengan program beserta data-data yang
diolahnya. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal, diantaranya
adalah sistem operasi, program, dan data. Software ini mengatur sedemikian rupa
sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer.
Secara umum, perangkat lunak
(software) dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Sistem Operasi, Bahasa
Pemrograman dan Perangkat Lunak Aplikasi.
1. SISTEM OPERASI
a. Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan sebuah
penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer.
Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan
sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan
teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan
masing- masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu
diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu
sendiri.
Pengertian sistem operasi secara
umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan
menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan
dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
Sistem operasi berfungsi ibarat
pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat
menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada
saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur
pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga
sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi
ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan
(error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
b. Sejarah Sistem Operasi
Sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat,
yang dapat dibagi kedalam empat generasi:
Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal
perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi
mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan
manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan.
Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi
instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch
Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu
dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi
sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya
fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.
Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan
sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana
para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke
komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna
sekali gus) dan multi- programming (melayani banyak program sekali gus).
Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Dewasa ini, sistem operasi
dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan
komputer- komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para
pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu
antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga
dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat
di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang
lebih baik.
c. Macam-Macam Sistem Operasi
Sistem Operasi jenisnya banyak
sekali, kita tinggal memilih jenis apa yang akan digunakan di komputer kita.
Mulai dari yang berlisensi sampai dengan yang gratis (open source), diantaranya
adalah :
1. DOS.
2. Windows,
beberapa versi windows : Windows 95, Windows 98, Windows 2000 Profesional,
Windows 2003, Windows XP Windows Vista.
3. Linux,
macam-macam distro linux : Redhat, Fodore, Core, Mandrake, Suse, Knoppix, Ubuntu/Edubuntu.
4. Apple
System
5. Machintos
2. PERANGKAT LUNAK BAHASA (LANGUAGE
SOFTWARE)
Perangkat Lunak Bahasa (Language
Program), yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi
yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima
dan dipahami oleh komputer.
High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi)
Bahasa tingkat tinggi merupakan
bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar, karena bahasa
ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari. Bahasa tingkat tinggi
saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan
bisnis ataupun berbasiskan sains. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah :
Basic, dBase, Cobol, Pascal, C++, Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, PHP, dan
masih banyak yanga lainnya.
3. PERANGKAT LUNAK APLIKASI
Perangkat lunak aplikasi merupakan
perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu
pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer
kita. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu :
a. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh
seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk
kebutuhan suatu perusahaan, biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa
pemrograman. Misalnya menggunakan visual basic, PHP ataupun bahasa pemrograman
apa saja yang mendukung. Contoh dari program aplikasi adalah :
Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan
tiket pesawat/kapal Laut Program kasir, program billing warnet/wartel
b. Program Paket
Program paket merupakan program khusus dalam paket- paket
tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu
Sistem Operasi. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi
paket, yaitu :
1. Program
pengolah kata, contohnya adalah : Microsoft Word, Open Office.org Writter,
ChiWritter, Word Perfect, WordStar, K Writter, Amipro, dll.
2. Program
pengolah angka, contohnya adalah : Microsoft Excel, Open Office.org Calc,
Quattro Pro, Lotus 123, dll.
3. Program
presentasi, contohnya adalah : Microsoft Power point, Open Office.org Impres,
Magic Point, Corel Presentation, Apple Work, dll.
4. Program
design grafis, contohnya adalah : Adobe Photoshop, Corel Draw, Free Hand, Auto
Cad, dll.
5. Program
browser, contohnya adalah : Internet Explorer, Modzilla Firefox, Opera,
Netscape Communicator.
6. Program
database, contohnya adalah : Microsoft Access, Open Office.org Base, Visual Foxpro,
Fox Base, Dbase I- IV, dll.
7. Program
animasi, contohnya adalah : Macromedia Flash, Swish, dll.
8. Program
multimedia, contohnya : Windows Media Player, WinAmp, Cyberlink, Real Player,
DVD Player,
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari penjelasan yang dilakukan diatas maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Perangkat
keras dan perangkat lunak pada komputer tidak dapat dipisahkan. Karena
masing-masing saling membutuhkan.
2. Perkembangan
perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer sangatlah tinggi. Dimana kini
telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan.
3. Di
waktu-waktu yang akan datang perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak
akan meningkat tajam.
B. SARAN
Setelah mengkaji perangkat keras dan perangkat lunak pada
computer, maka penulis dapat member saran sebagai berikut:
1. Perlu
dilakukan pendalaman terhadap perkembangan dan kegunaan perangkat keras dan
perangkat lunak pada komputer.
2. Setiap
mahasiswa untuk mempermudah proses belajar mata kuliah perlu dapat
mengoperasikan perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer.3
DAFTAR PUSTAKA
MAKALAH
PERANGKAT KOMPUTER
( Hardwar, software )
OLEH
:
NAMA
KELOMPOK :
SMAN 1 MASBAGIK
TP.
2016/2017
makasih
BalasHapusTang buka lcd
makasih
BalasHapusSolder temperatur
makasih min
BalasHapusSolder temperatur
makasih min
BalasHapusAlat Balon Peniup Debu
thanks gan sudah share
BalasHapusalat pengungkit
makasih banyak min
BalasHapussolder uap portable